(0778) 743 7111 [email protected]

Business Simulation adalah simulasi yang digunakan untuk pelatihan, pendidikan atau analisis bisnis. Ini bisa berbasis skenario atau berbasis numerik. Kebanyakan, simulasi bisnis digunakan untuk pelatihan dan pengembangan ketajaman bisnis. Simulasi bisnis juga sangat penting untuk memperkenalkan bagaimana bisnis itu dapat berjalan sesuai alur yang benar.

Simulasi ini akan melibatkan lima perusahaan yang masing-masing perusahaan akan memiliki lima departemen. Setiap perusahaan minimal terdiri dari lima orang pemain yang mempunyai peran masing-masing yaitu menjadi departemen Finance, Purchasing, Production, Sales/Marketing dan Director. Setiap perusahaan akan berkompetisi untuk menjadi pemenang melalui kondisi atau indikator tertentu yang sudah ditentukan. Simulasi bisnis ini akan dipantau oleh instruktur untuk memastikan bahwa simulasi berjalan dengan kondusif. Pembahasan modul ini akan mencakup pengenalan simulasi bisnis berbasis ERP. Enterprise Resource Planning adalah suatu model sistem informasi yang memungkinkan organisasi untuk mengotomasi dan mengintegrasikan proses-proses bisnis utamanya.

Skenario Procurement akan mempelajari bagaimana cara tahap awal perusahaan akan melakukan estimasi biaya material kemudian membuat rencana pengadaan barang sampai melakukan pembayaran barang dan sistem consignment. Skenario Production ini akan mempelajari menganalisis material bahan baku, perencanaan kebutuhan produksi, membuat permintaan proses produksi, hingga dengan analisis biaya produksi. Skenario Sales ini akan mempelajari analisis harga beli produk dari pelanggan, membuat permintaan penjualan, hingga membuat bill of billing document. Skenario Intercompany ini akan mempelajari proses pertukaran bahan baku antar perusahaan yang akan melewati proses negosiasi, kemudian melakukan permintaan proses pembelian/penjualan melalui sistem ERP sampai dengan ke financial statement. Skenario Gift Packs ini akan mempelajari pembuatan gift pack yang terdiri dari kombinasi beberapa produk, serta menganalisis strategi pembuatan untuk memenuhi pesanan atau pembuatan untuk dijadikan persediaan (Stock).

Selamat kepada mahasiswa/i Program Sarjana Manajemen Universitas Internasional Batam

– Juara 1 (BusinessSim Nation – Wide Competition) – PT. Angin Ribut;

  1. Shevia 2041346
  2. Florentina Jasmine 2041158
  3. Angela 2041347
  4. Vira 2041348
  5. Verren Calystania 2041097

– Juara 4 (BusinessSim Nation – Wide Competition) – PT. Mencari Cinta Sejati;

  1. Peter Macnico 2041031
  2. Fidia 2041028
  3. Lara Meilani 2141088
  4. Winna Angelina 2141146
  5. Alex 2141110

id_IDIndonesian